Sejarah C++



Bahasa C++ diciptakan oleh Bjane Strowstup, Laboratorium Bell, AT & T pada tahun 1983. Sebelumnya pelopor atau pencipta bahasa C adalaah Brian W Kernighan dan Dennis M Ricthie, pada tahun 1972 dengan tujuan untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan suatu program.



Acuan Standarisasi bahasa C yaitu ANSI(Amarican National Standart Institute). Pada mulanya C++ di beri nama a better c,kemudian di ganti nama menjadi C++ oleh Rick Masuti tahun 1983. Tanda ++ berasal dari nama operator penaikan dari bahasa C.

Bahasa C sangat berkompeten di berbagai mesin mulai dari PC hingga Mainfreme, serta pada berbagai sistem operasi (DOS,UNIX,VMS). Keunggulan bahasa C++ adalah mampu mendukung Program Berorientasi Objek (PBO) / Object Oriented Programig (OOP). Tujuan untamanya adalah untuk meningkatkan produktivitas program dan membuat aplikasi.

Greg perry tahun 1993 mengungkapkan progam C++ dapat meningkatkan produktivitas pemrograman lebih dari 2 kali di bandingkan bahasa Prosedural C,Passcal, atau BASIC hal ini dibuktikan dengan kode C++ yanng mudah di ingat, namun pengguna di haruskan untuk memahami karakteristik dari C++ tersebut.

Bahasa C++ mengalami 2 tahap Evolusi.
C++ yang pertama dirilis oleh AT & T Laboratories, dinamakan Cfront C++ versi kuno inni hanya berupa kompiler yang menerjemahkan C++ menjadi bahasa C.

Pada Evolusi yang kedua dirilis oleh Borland International Inc. mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah C++ langsung menjadi bahasa mesin (Assembly). Sejak Evolusi ini mulai tahun 1990-an C++ menjadi bahasa berorientasi Objek yanng digunakan oleh sebagiab besar Progremer Profesional Perusahaan lain juga merilis kompiler C++ seperti Topspeed C++ dan Zotech C++.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu.