Pidato

Pengertian
Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.


Jenis-jenis pidato
1. Pidato Kenegaraan
    Merupakan pidato resmi yang biasanya di bawaka oleh kepala negara
2. Pidato Pengukuhan.
    Pidato yang diucapkan secara tradisional oleh seorang guru besar Universitas saat di angkat secara resmi.
3. Pidato Radio
    Merupakan pidato yang disampaikan melalui radio
4. Pidato Televisi
    Merupakan pidato yang disampaikan melalui Tv.


Cara menyusun teks pidato
1. Menetapkan tujuan
    Dalam menetapkan tujuan terdapat beberapa jenis yaitu:
     a. Ekspositoris 'memberi tau sesuatu"
     b. Persuasif "mengajak"
     c. Rekreatif "menghibur"

2. Menentukan topik pembicaraan

3. Menyusun kerangka pidato

4. Menyusun teks pidato

Tekhnik pembacaan pidato
1. Naskah "Tekhnik pembacaan pidato dengan membaca atau membawa teks"
2. Menghafal "Tekhnik pembacaan pidato dengan menghafal"
3. Ekstemporen "Tekhnik pembacaan pidato dengan membawa catatan kecil yang berisi tentang    poin-poin penting yang akan di bacakan"
4. Serta merta / Improptu "Pembacaan pidato secara reflek,tanpa persiapan"

Bagian Pidato
1. Pembukaan
    Berisi ucapan penghormatan kepada hadirin.
2. Isi
    Berisi latar belakang penyelenggaraan acara dan uraian singkat tentang acara.
3. Penutup
    Berisi harapan akan lancarnya semua acara, serta ucapan terima kasih kepada para hadirin tau pihak-pihak yang terlibat alam acara tersebut.


Contoh pidato
Assalamu ’alaikum Warahmatulaahi Wabarakaatuh.

Yang Terhomat Ibu Ayumi sekaku dosen Mata Kuliah Bahasa Indonesi,
serta teman-teman sekalian yang bebahagia.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan rahmat sehat dan kesempatan sehingga kita dapat berkumpul di GSG polinela dalam rangka melakukan kegiatan rutin kita di setiap hai kamis yaitu kuliah umum. Sholawat serta salam tak lupa pula kita sanjung agungkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang mana kita nantikan syafaat nya di yaumil kelak Amin..

Saya disini akan menyampaikan pidato yang bejudul " Hari Ibu".
Bagiku ibu merupakan sosok malaikat tanpa sayang yang sengaja allah kirimkan untuk menjaga kita.  Ibu bisa menjadi teman, sahabat, bahkan menjadi ayah bagi anaknya.
Ibu adalah guru terbaik yang memberikan pelajaran bagaimana kita, anaknya menjalani hidup. Ibu juga merupakan dokter terhebat yang dengan penuh kesabaran serta kasih sayang mau merawat kita di kala kita sakit.
Begitu banyak pengorbanan yang sudah ibu kita lakukan demi membesarkan kita hingga saat ini, namun terkadang kita secara tidak sadar telah menyakiti hati nya dengan cara membentaknya, mengacuhkan permintaan-permintaan sederhanya nya, membohonginya, dan masih banyak lagi.
Untuk itulah pada hari ibu ini marilah di jadikan kesempatan bagi kita semua untuk menginggat kembali semua hal yang sudah ibu kita lakukan mulai dari hal-hal kecil hingga hal besar. Dan momen inilah yang dapat kita manfaat kan untuk mambalas semua jasa ibu kita meskipun itu tidak mungkin, namun hanya dengan ucapan sederhana, baik secara langsung maupun lewat via telephon, sudah mampu memunculkan garis senyum di bibir ibu kita.
Jangan pernah lupakan jasa yang sudah ibu kita lakukan untuk kita, karena do'a ibu merupakan lentera bagi jalan kehidupan kita yang gelap.
Sekiap pidato dari saya kurang dan lebih nya saya mohon maaf, jika lebih itu datang nya dari allah, dan jika kurang maka itu murni datang nya dari saya, karena itu saya mohon maaf kepada allah saya mohon ampun. saya akhiri
Wassalamuaialikum Warahmatulaahi Wabarakaatuh.


 

Komentar

  1. Steel T-Shirts | Titanium Art | TITIAN ART | TITIAN Art | TITIAN
    T-Shirt designs that you ecm titanium won't find anywhere else. T-Shirt Designs That urban titanium metallic You titanium tv alternative won't snow peak titanium Find anywhere else. T-Shirt Design That You titanium dental Won't Find

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu.