Bussines To Consumer (B2C)
Pengertian
B2C atau merupakan kepanjangan dari Business to
Consumer adalah bentuk jual-beli produk
atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan
secara elektronis.
Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses
dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang
dapat diistilahkan dengan transaksi pasar.
Terdapat beberapa perusahaan yang melayani B2C
Amazon
(www.amazon.com)
Cisco
(www.cisco.com)
www.Blackberry.com
www.Apple.com
www.Nokia.co.id
www.Toyota.co.id
Kaarakteristik dari B2C
1. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum.
2. Servis yang
diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh
khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem web sudah umum digunakan maka
servis diberikan dengan menggunakan basis web.
3. Servis diberikan
berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakukan inisiatif dan produser
harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
4. Pendekatan
client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer)
menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business
procedure) diletakkan di sisi server.
Kelebihan B2C yaitu
1. Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah
dipublikasi pada media internet
2. Membeli dengan
electronic cash & sistem secure payment
3. Meminta agar
barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang
tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
4. Harga yang
diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
5. Media pembayaran
yang digunakan berupa kartu kredit.
Kelemahan B2C
1. Produk yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut
2. Produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti
aslinya. Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain
sebagainya.
Contoh B2C
Komentar
Posting Komentar