Program C++ Menghitung luas persegi panjang

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan suatu program sederhana untuk menghitung luas persegi panjang. Program ini menggunakan bahasa pemrograman C++, untuk pembuatannya saya menggunakan softwere CodeBloks. Untuk membuatnya membutuhkan inputan panjang dan lebar.




jika program benar maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini tinggal kita isikan panjang dan lebar sesuai dengan keinginan kita.

  a. # include
Sebagai proses compiler dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor yang memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari file sumber. Include berarti menyertakan kode dari file header yang ada didalam kurung, file header adalah file yang berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh program.
b. main()
Untuk mendeklarasi fungsi utama, bahwa suatu program c++ dapat berisi banyak fungsi, tetapi harus selalu memiliki sebuah fungsi utama ( main function). Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu.
c. {
Menandakan awal program.
d. }
Menandakan akhir program.
f.  cout()
Penjelasan Fungsi cout() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk menampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus menyertakan file header iostream.h
g. cin() 
Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file header iostream.h . 
h. integer(int)
Merupakan tipe data yang dipakai
i. return 0
Menyatakan hasil keluaran dari fungsi main() adalah 0. Pada C++, return 0 dalam main() menyatakan bahwa program berakhir dengan normal. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu.