View dan Store Prosedure Menggunakan SQL Server Management Studio

View dan Store Prosedure

Quis 1 Mata Kuliah Pemrograman Sql Lanjutan



Nama : Karin Fitri Liyana(16753027)

Dosen : Eko Win Kenali,S.Kom.,M.Cs


Dosen : Dwirgo Sahlinal,S.T.,M.Eng


Database merupakan tempat untuk menyimpan data, dan apabila data tersebut dibutuhkan kembali maka data tersebut dapat di akses. Dalam database bahasa yang sering digunakan adalah SQL(Structured Query Language) yang mana bahasa ini berguna untuk mengakses database. Dalam sql untuk mengakses data tersebut maka digunakan lah query. Namun untuk mengakses suatu data dengan kapasitas informasi yang sangat lah komplek maka memerlukan query yang kompleks juga, sehingga rawan akan kesalahan. Oleh karea itu untuk mengurangi resiko tersebut maka digunakan lah perintah View dan Store Prosedure. Dalam Postingan kali ini saya akan sedikit membagikan informasi tentang apa itu View dan Store Prosedure.

    1. Pengertian View
    Di dalam MySQL, View dapat didefenisikan sebagai ‘tabel virtual’. Tabel ini bisa berasal dari tabel lain, atau gabungan dari beberapa tabel.
    View adalah objek di dalam database yang berisi kumpulan kolom yang dihasilkan dari Perintah select. Dengan kata lain yang lebih sederhana, view adalah object yang menyimpan hasil query, baik dari satu tabel atau lebih, didalam database view juga sering dinamakan sebagai “tabel virtual” , karena view sebenarnya tidak memiliki data. Data yang ditampilkan oleh sebuah view diambil dari tabel-tabel aktual yang disertakan dalam SELECT.

    2. Query untuk memebuat View
    Create view nama_view (Query)

    3. Contoh query untuk membuat view
    Create view mahasiswa(select * from mahasiswa where jk='P')

    4. Pengertian Store Prosedure
    Stored Procedure adalah salah satu object routines yang tersimpan pada database MySQL dan dapat berfungsi untuk menggantikan berbagai kumpulan perintah yang sering kita gunakan. Perintah-perintah tersebut salah satunya adalah CRUD, Sorting tabel, dan SELECT.

    5. Query untuk memebuat Store Prosedure
    Create procedure nama_prosedure As
    Begin
    (Query)
    End
    go

    6. Contoh query untuk membuat Store Prosedure
    CREATE PROCEDURE pro_mahasiswa_prodi
    @idprodi integer
    AS
    BEGIN
    SELECT * FROM mahasiswa
    WHERE idprodi = @idprodi
    END
    GO

Kesimpulan nya
View dan Store Prosedure memudahkan database administrator dalam mengakses data dengan cara menyederhanakan query yang kompleks menjadi lebih singkat. sehingga mengurangi error. Dan view serta Store Prosedure lebih aman dalam proses mengakses data.
www.polinela.ac.id
jeb.polinela.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu.